digitalica.id – Dalam dunia digital tentu sudah tidak asing dengan istilah website. Bagi pemilik usaha atau blogger tentu sering ditanya tentang alamat website. Selain website, ada pula istilah landing page. Namun, apakah Anda sudah tahu perbedaan website dan landing page? Simak penjelasan di bawah ya!
Tujuan
Website bisa disebut ‘rumah’ dari berbagai informasi dalam bentuk teks, gambar atau lainnya. Sedangkan landing page adalah bagian dari website yang bertujuan khusus seperti penawaran produk atau pendaftaran newsletter. Landing page lebih fokus pada tujuan tertentu.
Pengunjung
Website memiliki pengunjung yang bersifat umum sehingga dapat mengetahui berbagai informasi yang disajikan. Landing page yang memiliki tujuan khusus tentu memiliki pengunjung yang khusus juga. Menarik pengunjung untuk berselancar di landing page lebih efektif untuk mencapai tujuan karena lebih fokus.
Konten
Profil perusahaan, artikel dan informasi umum lain bisa Anda tampilkan dalam website. Dilihat dari segi konten, website memiliki konten yang beragam dibanding landing page. Konten yang disajikan landing page bersifat khusus untuk mengarahkan pengunjung melakukan sesuatu.
Desain
Tampilan visual website dan landing page sangat berbeda. Menu yang disajikan website lebih banyak dibandingkan landing page. Landing page yang memiliki tujuan khusus maka didesain sedemikian rupa agar pengunjung menerima perintah yang Anda tawarkan. Desain landing page lebih simple dengan kata-kata yang tidak berbelit-belit.
Waktu Pembuatan
Pembuatan website memakan waktu yang lebih lama dibandingkan landing page. Hal ini terjadi karena website memiliki menu yang beragam dengan halaman yang unik. Pembuatan landing page lebih cepat karena elemen yang digunakan lebih sedikit dibanding website.
Website maupun landing page memiliki kelebihan yang sesuai kebutuhan. Strategi pemasaran menggunakan landing page sudah banyak dilakukan oleh pakar digital marketing. Saatnya Anda memanfaatkan landing page dengan desain yang menarik untuk melebarkan sayap.
Anda dapat memberikan informasi umum tentang perusahaan atau artikel terkait melalui website. Artikel yang menarik dan bernilai positif akan menjaring banyak pengunjung. Setelah pengunjung masuk ke website, saatnya Anda siapkan landing page untuk meningkatkan minat pada penawaran Anda.